Laman

Senin, 26 Oktober 2015

Perkembangan Bayi Baru Berjalan

Perkembangan bayi belajar jalan akan sangat berpengaruh terhadap masa-masa transisi psikologisnya. Setelah bayi bisa berjalan, ia akan menemukan dunia baru yang lebih luas dengan kakinya sendiri. Ia bisa berjalan kemana pun untuk mencari hal-hal baru yang ingin diketahuinya. Sebagai orang tua, Anda perlu membimbing agar si kecil bisa melalui tahapan ini dengan baik. Dalam tahap awal perkembangan bayi, ia akan berjalan dengan tertatih. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menciptakan lingkungan yang aman bagi si kecil.

Hal ini penting untuk menjaga buah hati Anda terluka atau terkena benda-benda yang berbahaya. Pastikan pula lantai rumah Anda tidak licin. Tetap awasi si kecil saat ia mulai menapaki langkah-langkah barunya. Jangan menjaga jarak terlalu jauh darinya, karena langkahnya masih limbung. Saat ia berada di rumah, Anda bisa membiarkan si kecil bebas tanpa alas kaki. Namun, jika si kecil akan belajar jalan di luar rumah, sebaiknya Anda mengenakan alas kaki padanya. Agar ia nyaman, pilihlah sepatu yang aman untuk perkembangan bayi.

Jika ia sesekali terjatuh saat belajar jalan, jangan langsung menggendongnya atau memberikan bantuan. Coba dekati dan beri ia pelukan sebentar. Lalu berilah ia motivasi dan semangat untuk mencoba berjalan kembali. Tunjukkan kalau semuanya akan baik-baik saja, karena Anda masih ada didekatnya. Saat ada perkembangan bayi belajar jalan, tunjukkan sikap gembira Anda. Bawalah serta mainan kesukaannya untuk memancingnya agar mau berjalan.

PA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar