Laman

Kamis, 08 Oktober 2015

Bayi Bisa Gemuk tanpa Susu Formula


Untuk ibu baru tentu masih bingung bagaimana memberikan pengasuhan yang terbaik bagi bayinya, terutama dalam pemberian ASI. Banyaknya mitos yang didengar dari orang sekeliling kita kadang membuat bingung. Bahkan terkadang tak percaya dengan apa yang didengar.

Beberapa mitos yang terkait dengan ASI, memang bikin tersenyum sendiri. Seperti yang sering kita dengar, jika bayi menyusu di sebelah payudara kanan adalah makanan, sedangkan payudara kiri itu minumnya. Itu tentu salah besar.

Banyak bayi yang menyusu ASI tidak memiliki tubuh gemuk karena tidak cukup diberikan lemak, berbeda jika bayi yang diberikan susu formula. Apa sebab? Karena banyak ibu yang termakan oleh mitos-mitos dari orang tua kita sendiri yang tidak mendapatkan informasi langsung dari dokter atau bidan.

Normalnya, bayi diberikan ASI minimal 15 menit di salah satu payudara, dan maksimal 30 menit. Bahwa pada menit terakhir ketika menyusui, bayi bisa mendapatkan lemak sehingga memiliki gizi yang cukup dan bisa mempengaruhi pertumbuhan serta berat badannya.

Jika bayi menyusui kurang dari waktu yang ditentukan, misalnya tertidur, lebih baik, bayi dibangunkan, dikitik-kitik kakinya lalu kembali disusui.

Menyusui untuk waktu lama dalam satu payudara juga bisa menguntungkan ibu. Bayi bisa  tidur nyenyak karena perutnya kenyang, lantaran penyerapan lemak lebih lama dibandingkan nutrisi lain.

So mom, Jangan percaya mitos yaa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar