Laman

Rabu, 21 Oktober 2015

Hal Penting Soal Tidur Bayi

Tidur bayi adalah suatu yang sulit dipahami oleh orang tua baru seperti Anda. Kebanyakan dari mereka belajar dari pengalamannya sendiri, seperti bangun pada malam hari, atau tidak sempat istirahat tidur di siang hari. Hal tersebut dikarenakan bayi tidak mudah beristirahat seperti Anda.

Beberapa bayi bersenang-senang di malam hari dan tidur di siang hari
Seperti yang dikatakan Charles Shubin, Kepala Dokter anak di Mercy Family Care, Amerika Serikat, kebanyakan bayi terlahir di dunia dengan memutarbalikkan siang dan malam hari. Para bayi akan tidur dalam jangka waktu yang panjang di siang hari, untuk menyimpan energi mereka sehingga terjaga pada malam hari.

Cobalah untuk beristirahat ketika bayi Anda terlelap, dan sedikit bersabar karena nanti bayi akan mengikuti jam tidur Anda. Ketika bayi tumbuh, otak dan syaraf-syarafnya berkembang, tidur bayi akan semakin lama pada malam hari. Bayi akan menyesuaikan pola tidur Anda pada usianya yang telah menginjak bulan pertama.

Bayi tidur dalam keadaan tidak menentu dan sulit ditebak
Pada minggu pertama kehadirannya di dunia, kebanyakan bayi tidak tertidur selama lebih dari dua atau empat jam. Bayi yang baru lahir akan tidur 14-18 jam per hari pada minggu pertamanya, dan 12-16 jam per hari pada bulan-bulan berikutnya.

Tiap bayi adalah individu yang berbeda. Ada beberapa bayi yang tidur lebih banyak, ada juga yang hanya memiliki jam tidur yang sedikit. Anda tidak perlu khawatir, karena jam tidur lebih dari 20 jam per hari pun masih terbilang normal.

Bayi tidak memerlukan ketenangan dalam tidurnya
Anda tidak perlu berbisik saat mengantar tidur bayi. Karena kebanyakan bayi dapat tidur dalam keadaan berisik atau terang sekalipun. Karena mereka terbiasa mendengar detak jantung atau suara-suara organ dalam tubuh lainnya saat berada dalam kandungan Anda.

Bayi dapat dengan mudahnya terlelap jika mereka benar-benar membutuhkannya, dan Anda tidak perlu khawatir jika bayi tidur sangat lelap meski dalam keadaan berisik. Lain halnya jika Anda khawatir ada masalah pada pendengarannya.

Nikmati saja waktu-waktu bayi tidur seperti di atas. Karena nanti mereka akan menyesuaikan diri dengan jadwal tidur Anda, dan peduli dengan lingkungan sekitarnya. Dia akan mulai merasa terganggu dengan suara sekecil apapun yang mengusik tidurnya.

Bayi memiliki tidur yang sesuai dengan kepribadiannya
Bayi adalah individu yang berbeda meskipun mereka adalah saudara kandung, terutama soal jadwal tidurnya. Ada yang sangat mudah tertidur, ada yang perlu waktu untuk dapat terlelap. Apapun perilaku tidur bayi, Anda dapat mulai mengajarkan padanya tentang kebiasaan tidur dengan membuat jadwal rutinitas tidur.

Bayi membutuhkan ruang untuk tidur
Bayi akan lebih mudah tidur dalam keadaan seperti ruang tidak sempit, dan tempat tidur yang rata. Pilih bahan-bahan yang membuat bayi merasa nyaman. Pindahkan benda-benda berbahaya seperti yang dapat membuatnya kepanasan, dan susah bernapas.

Benda mahal bukan berarti tidak menggangu tidur bayi. Jangan penuhi keranjang tempat tidurnya dengan barang-barang atau mainan. Anda bisa menyiapkan mainan-mainan tersebut pada saat dia bermain di siang hari, dan terpenting berada dalam pengawasan orangtua atau orang dewasa lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar