Laman

Jumat, 26 Februari 2016

Kebiasaan Anak Tergantung Prilaku Ibu


Perilaku orang tua menjadi  contoh bagi anak, karena anak akan meniru  apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Bagimana  peran ibu dalam  menjaga kebiasaan baik pada anak?

Menanamkan kebiasaan baru adalah hal yang tidak mudah. Tetapi menjaga kebiasaan baik itu agar tetap dilakukan jauh lebih menantang lagi. Bebelac bekerjasama dengan Rumah Dandelion untuk membuat panduan peran ibu dalam menjaga kebiasaan baik. Berikut cara-cara yang dapat dilakukan supermom untuk mempertahankam kebiasan baru yang harus didukung oleh ayah.

1. Ibu harus fokus pada proses. Perubahan selalu membutuhkan proses. Jangan cepat putus asa, bila anak-anak belum berhasil berubah.

2. Ibu selalu ingat tujuan awal. Terkadang cara yang biasa dilakukan kurang efektif. Sehingga selama perilaku belum berubah, ibu sellau mengingat tujuan awal agar dapat mencari berbagai cara untuk mencapai tujuan..

3. Apresiasi setiap perubahan positif. Anak memerlukan proses dalam perubahan. Anak berubah secara berlahan-lahan. Ibu selalu menyadari usaha anak untuk berubah. Anak dapat menjadi putus asa dan akhirnya enggan berubah.

Dalam proses perubahan perilaku anak, juga melibatkan ayah. Komunikasikan terus setiap kemajuan atau keengganan anak pada ayah. Diskusikan strategi-strategi pendekatan kepada anak.

“Peran ayah dalam penanaman kebiasaan baik adalah konsistensi. Jika anak bersama ayah,  maka aturan dan kesepakat yang berlaku tetap seperti  jika anak bersama ibu,” Fauzia Syafarina Nasution, Corporate Affair Manager Nutrisia.

PA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar